Tips cara melepaskan Double Tape dengan mudah

Apakah itu double side tape? Double side tape atau yang sering disebut double tape adalah salah satu jenis tape/isolasi/lakban yang mempunyai perekat dikedua sisinya. Double tape ini biasanya digunakan untuk menempelkan benda pada benda lain.

Dikarenakan mempunyai perekat dikedua sisinya, terkadang kita mengalami kesulitan pada saat akan membuka/melepaskan double tape dan membersihkan bekas perekatnya. Tetapi jangan khawatir, berikut kami sampaikan tips cara melepaskan double tape :

1. Menggunakan Pengering Rambut atau Hair Dryer

Pengering Rambut atau Hair Dryer akan memberikan suhu panas pada Double Tape yang menempel. Suhu panas tersebut akan berfungsi untuk melonggarkan bahan pelekatnya.

Caranya:

Nyalakan Pengering Rambut dan arahkan ke double tape kurang lebih selama beberapa menit. Lalu coba lepaskan double tape menggunakan tangan atau pisau tumpul. Untuk melepaskannya bisa juga dengan kartu atm, atau kartu yang lainnya

Suhu panas bisa juga diberikan menggunakan pemanas uap(steamer) atau seterika. Kelembaban akan membantu melepakan pelekat dengan lebih mudah

2. Menggunakan WD-40, Alkohol atau Goo Gone.

WD -40 adalah pelumas serba guna yang mengandung zat ringan. Bukan hanya untuk menghilangkan karat saja tetapi bisa juga melepaskan double tape yang menempel serta membersihkan bekas lemnya.

Caranya:

Semprotkan WD-40 pada sisi double tape yang menempel, lalu tunggu beberapa menit. Lepaskan double tape menggunakan tangan, pisau tumpul atau dengan kartu yang permukaan sisinya tipis dengan perlahan.

3. Gunakan Lakban coklat untuk melepaskan Double Tape

Melepaskan double tape yang telah menempel akan sulit jika menggunakan tangan. Ada cara lain agar memudahkannya. Kita bisa menggunakan lakban cokelat untuk membantu melepaskan double tape yang menempel.

Caranya:

Panaskan Double Tape dengan Pengering Rambut(hair dryer) atau Steamer. Lalu tempelkan lakban cokelat diatasnya dan sisakan ujung lakban agar tidak menempel. Lalu tarik atau angkat ujung lakban yang tidak menempel agar lakban terlepas sehingga double tape juga ikut terlepas. Jika belum berhasil, ulangi langkahnya sampai berhasil.

4. Gunakan Benang Pancing atau Benang Gigi.

Untuk melepaskan double tape busa, yang lebih tebal dari double tape biasa cara ini baik untuk digunakan.

Caranya:

Ambil sedikit benang pancing atau benang gigi dan peganglah diantara tangan anda. Letakkan benang diatas double tape dan selipkan benang ke dalam double tape dari sisinya lalu angkat perlahan sampai semua sisi terlepas.

Untuk melepaskan sisa zat pelekat gunakan air sabun atau WD-40

5. Gunakan campuran sabun cuci piring, sedikit cuka dan air panas.

Campuran sabun cuci piring, cuka dan air panas adalah salah satu solusi untuk melepaskan double tape tanpa menggunakan bahan kimia. Campuran ini baik digunakan untuk double tape yang menempel pada tembok rumah agar terhindar dari kerusakan.

Caranya:

Campurkan sabun cuci piring, sedikit cuka dan air panas ke dalam 1 wadah. Lalu gunakan busa pencuci piring untuk mengoleskan ke double tape yang menempel sambil di tekan. Lakukan terus hingga terlepas.

Peringatan :

Jangan menggunakan benda tajam untuk melepaskan doule tape, kecuali jika memahami resikonya.
Jangan memanaskan tempat tertempelnya double tape secara berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *