Kegunaan Sticker Paper

Pernahkah Sobat MORITA melihat sticker yang menempel di sebuah produk?

Ya, dalam dunia periklanan sticker memiliki peran yang cukup besar sebagai sebuah seni dalam dunia desain, dan juga menjadi ornamen unik dalam menghias atau mendekorasi suatu benda maupun tempat. Tapi pernahkah Sobat berpikir darimana asal-usul sticker ini? Let’s check out.

Ada banyak sejarah yang menceritakan penemuan sticker. Sticker pertama kali diciptakan pada zaman Mesir Kuno untuk mengiklankan harga pasar. Para arkeolog menemukan benda yang tampak menempel pada barang di situs peninggalan Mesir. Benda ini diyakini sebagai kertas yang sengaja ditulis dan ditempelkan di dinding pasar Kota Mesir pada waktu itu.

Selain itu,banyak orang percaya bahwa sticker pertama kali diciptakan pada tahun 1880-an oleh ahli periklanan Eropa. Mereka ingin membuat konsumen tertarik dengan produk yang menggunakan kertas label berwarna-warni. Kertas ini digunakan untuk mendeskripsikan produk buah-buahan yang saat itu sedang mengalami persaingan tinggi di Eropa. Pada tahun 1839, Sir Rownland Hill menemukan sticker modern ketika ia menciptakan dan memperkenalkan kertas perekat. Benda ini kemudian menjadi prangko pos pertama.

Pendapat lain mengatakan bahwa R. Stanton Avery, pendiri populer “Avery Label,” adalah penemu sebenarnya dari sticker. Ia menemukan label perekat pertama pada tahun 1935.

Kegunaan Masking Tape

Masking (topeng) tape. Dari namanya saja pasti Sobat MORITA sudah tahu bukan?. Masking tape dikembangkan secara khusus untuk membantu melindungi permukaan dari overspray, menyediakan garis cat yang bersih, dan menghapus dengan mudah dan bersih ketika selesai. Masking Tape dapat melekat dengan baik, dan bersifat waterproof  terhadap pelarut atau cairan cat. Backing, umumnya berbahan dasar kertas krep sehingga dapat menyesuaikan dengan permukaan yang melengkung dan tidak beraturan. Pita perekat ini dapat bekerja dengan baik pada permukaan kering dan bersih dan bekerja maksimal dibawah suhu 60⁰C.

Saat ini, masking tape serbaguna telah dikembangkan, sehingga selain untuk kebutuhan otomotif, juga dapat digunakan untuk kebutuhan arsitektur, pengerasan, penyegelan, dan perataan. Selain itu, tergantung pada pabrikannya, masking tape juga hadir dalam berbagai warna sesuai dengan peruntukannya, biru muda untuk langit-langit, putih untuk arsitektur, dan kuning untuk otomotif.

Masking tape untuk otomotif harus memiliki keunggulan tahan terhadap panas yang sangat baik, dan dapat digunakan untuk garis lurus maupun pada lekukan. Bahan umumnya terbuat dari kertas Jepang, kertas krep, film, dan soft tape (selotip).

Aplikasi Masking Tape untuk pengecetan otomotif

Untuk pelapis gambar arsitektur, dibutuhkan masking tape yang tahan air dan tahan terhadap pelarut yang digunakan dalam pengecatan, tetapi tidak anti-panas. Biasanya hadir dalam warna yang mudah dan cepat dikenali / dilihat seperti hijau dan ungu sehingga tidak terlupa untuk dibuka setelah pengecatan selesai.

Aplikasi masking tape untuk arsitektur

Pelapisan permukaan kasar adalah jenis masking tape yang digunakan saat mengecat dinding eksterior seperti papan atau tembok kasar dan ubin. Juga tersedia masking tape untuk permukaan yang sangat kasar, yang dapat digunakan dengan semprotan lisin atau plesteran dan juga dapat digunakan pada dinding luar yang berpasir.

Aplikasi Masking Tape untuk pelapisan permukaan kasar

Sobat MORITA, seperti yang telah dipaparkan, masking tape memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Point terpenting dalam pemilihan adalah yang paling sesuai dengan kondisi pelapisan, seperti berdasarkan bentuk dan suhu objek yang akan ditempelkan.

Kegunaan Decorative Tape

Salah satu decorative tape yang sekarang banyak orang kenal adalah washi tape. Washi tape biasanya digunakan untuk membungkus bingkisan, kado atau hadiah. Warnanya yang cerah dan menarik membuatnya disenangi anak-anak. Tidak hanya memiliki warna cerah, washi tape juga memilki motif yang beragam. Dari polkadot, floral, kotak-kotak hingga garis-garis.

Washi tape Morita mudah digunakan segala usia untuk membuat kerajinan tangan yang cantik. Banyak benda-benda yang bisa dihias dengan washi tape morita ini, mulai dari dinding rumah, peralatan makan, alat-alat tulis hingga furnitur.

Sobat Morita sering tertukar antara kabel yang satu dengan yang lain? Nah,washi tape ini salah satu solusinya. Selain membuat kabel tampak berbeda, juga akan membuat kabel terlihat lebih cheerful.

Bunting atau hiasan menyerupai bendera yang digantung saat ini sedang populer untuk berbagai dekorasi kamar maupun acara. Kamu bisa membuatnya dengan bahan yang lebih gampang dan murah. Siapkan saja tali dan washi tape morita aneka motif dan berkreasilah sesukamu.

Selain itu,washi tape morita juga dibuat untuk kerajinan seperti tatakan gelas, dekorasi vas dan dekorasi panel lampu.

Selain washi tape,neon tape juga berfungsi sebagai dekorasi. Cara kerjanya yang dapat menyala dalam keadaan gelap juga dimanfaatkan untuk sebagai media promosi untuk menarik pelanggan.

Nah, Sobat MORITA sudah kepikiran belom mau dekorasi kamar seperti apa? Hehe..selamat berkreasi.

Kegunaan Duct Tape

Bagaimana jadinya jika AC di rumah Sobat bocor?

Ya pipa AC itu perlu dilakban lho ternyata, menggunakan duct tape namanya. Pemasangan pipa itu membutuhkan beberapa material seperti pipa AC, kabel & pipa drain, maka itu dilakukan pelakbanan menggunakan duct tape membungkus semua material tersebut secara diagonal spiral untuk menutupi seluruh bagian material tersebut dan menjadikannya terlihat lebih rapih. Kerapihan secara estetika ini adalah fungsi pertama duct tape. Karena terbungkus rapat, maka duct tape ini sedikit banyak membantu juga nih, ketika misalnya pipa ternyata ada bocor halus, karena duct tape nya rapat, maka yang seharusnya freon sudah keluar, ketahan oleh duct tapenya sehingga tidak jadi bocor. Namun duct tape tidak bisa diandalkan penuh dalam menahan kebocoran pipa yang rongganya sudah besar.

Duct tape Morita membantu untuk mencegah kondensasi yang dapat terjadi jika antara pipa dan insulasi pipa terdapat rongga udara atau air gap. Mengenai rongga udara sendiri ini biasanya terjadi karena insulasi terlalu besar atau insulasinya sedikit renggang. Dengan duct tape morita bisa mengencangkan insulasi supaya lebih ketat dan melekat pada pipa, sehingga air gap tidak ada.

KEGUNAAN DESTRUCTIVE TAPE

Destructive tape Morita digunakan dalam bidang penyegelan kemasan. Banyak digunakan untuk menyegel kemasan berbahan dasar plastik maupun kertas. Daya rekat yang dihasilkan tinggi. Destructive tape Morita dibuat dengan bahan label sangat rapuh, akan mudah patah. Label yang rusak dan terlepas ketika diangkat. Setiap upaya untuk melepaskannya akan mengakibatkan label pecah menjadi pecahan-pecahan kecil. Fungsi utama label destructible adalah untuk memberikan bukti tamper, dapat digunakan sebagai stiker keamanan. Ini adalah bahan yang ideal untuk penandaan aset, asalkan aplikasi tidak memerlukan label untuk menunjukkan kekuatan geser apa pun dan label serta permukaan tidak terkena gerakan. Digunakan dalam kombinasi dengan teknik pencetakan lainnya, ini memberikan cara ekonomis untuk menyegel permukaan tertentu, asalkan keberadaan residu permanen pada permukaan yang sangat sulit dihilangkan tidak menjadi masalah. Label yang sangat dapat dirusak ini dapat digunakan sebagai : Label aset dengan nomor urut atau pencetakan barcode ; Label keamanan untuk tujuan garansi ; Segel kemasan produk ; serta masih banyak lagi.

Kegunaan Electrical Tape

Seperti namanya, pasti Sobat MORITA sudah tahu kegunaan tape jenis ini.

Ya, electrical tape Morita digunakan  untuk aplikasi listrik mis. Tape ini dibuat menggunakan plastik populer yang disebut PVC atau Polyvinyl chloride. Beberapa sifat / fitur utama yang membuat Tape ini popular termasuk; variasi, isolasi yang baik, lengket tahan lama dan harga terjangkau. Tape jenis ini juga memiliki toleransi suhu yang baik yaitu dapat bekerja secara efektif di lingkungan yang ringan dengan suhu di bawah 80 °C. Seperti disebutkan di atas, tape tersebut sebagian besar digunakan untuk aplikasi isolasi mis. Isolasi kabel peralatan listrik. Namun kabel harus membawa arus di bawah 600 V. Dalam hal pengemasan, Electrical Tape dikemas sesuai dengan spesifikasi tertentu.

Electrical tape Morita atau selotip listrik banyak digunakan untuk untuk mencegah sengatan listrik, kesetrum, arus pendek listrik, korsleting listrik, electric shock,yang akhirnya mencegah kebakaran rumah, mencegah kebakaran gedung, mencegah kebakaran pabrik, mencegah kebakaran perangkat rumah tangga, mencegah kebakaran mobil, mencegah kebakaran sepeda motor, dan lain-lain.

Aplikasi electrical tape untuk listrik mis

Umumnya, isolasi listrik berwarna hitam,namun sekarang ini tersedia jenis electrical tape dengan berbagai warna sesuai permintaan. Lakban berwarna hitam berbahan tahan panas dan berfungsi sebagai penyekat, lakban pengisolir, kabel yang dekat mesin, engine, kompresor yang sering mengeluarkan panas, sehingga kabel tidak meleleh. Isolasi pipa ac adalah lakban ac, lakban pipa ac, lakban selang ac untuk membalut dan membungkus pipa ac dengan kabel listriknya.

Electrical tape dengan berbagai warna

Sobat MORITA sudah paham kan tentang electrical tape? Semoga membantu ya.

MENGENAL FILAMENT TAPE…

Hai Sobat MORITA…

Tau gak sih filament tape itu apa? Namanya lumayan asing banget yaa.

Jadi, filament tape itu adalah pita perekat yang terbuat dari PET film yang diperkuat dengan serat kaca sebagai backing dan menggunakan jenis perekat karet, sehingga memiliki kekuatan dan daya rekat yang tinggi. PET film itu apa si? PET film itu adalah bahan fleksibel namun stabil yang memberikan perlindungan permukaan dan isolasi listrik untuk produk dan sering digunakan dalam pengemasan, tersedia dalam berbagai warna dari bening, hitam, merah, perak, transparan, dan putih. Filament tape pertama ditemukan pada tahun 1956 oleh Cyrus W. Bemmels, seorang ilmuwan yang bekerja untuk Johnson and Johnson. Beberapa varietas lain kemudian telah dikembangkan. Filament tape yang diproduksi morita ini memiliki daya regang dan daya rekat yang sangat baik serta dilengkapi dengan backing biru dan bening.

Filament tape morita sangat baik digunakan untuk penyegelan kemasan atau karton, pengikat pipa, dan pengikatan benda berat.

Jadi, gak usah ragu untuk beli Filament Tape di MORITA ya…

DOUBLE TAPE, SI PENOLONG BANYAK ORANG

Hai Sobat MORITA…

Siapa sih yang gak tahu selotip putih penolong banyak orang ini? Ya! Double tape kertas banyak sekali digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Double tape adalah sejenis lakban yang memiliki perekat di kedua sisinya. Tujuannya adalah sebagai pengganti lem konvensional yang dapat merekatkan dua benda atau 2 sisi dengan mudah dan praktis. Jika lem dirasa cepat kering dan pemakaiannya sulit, maka double tape adalah solusinya. Double tape pertama kali ditemukan oleh Richard Gurley Drew, seorang penemu asal Amerika yang bekerja untuk Johnson and Johnson. Di release paper/kertas pelapis Double tape ini memiliki lapisan silikon pada bagian atas permukaannya, hal ini dilakukan agar pada saat digulung tidak akan lengket satu sama lain akibat rekatan yang menyatu. Double tape juga mudah disobek dan mampu menempel di segala jenis permukaan, baik permukaan yang terbuat dari logam, kaca, kayu maupun plastik. Jenis double tape yang tenar ini kan namanya double tape kertas, tapi ternyata double tape ini punya jenis lain yang gak kalah tenar loh. Mereka adalah double tape foam dan double tape rubber. Bedanya pada foam tape ditambahkan busa tipis yang pada kedua sisi busanya dilapisi lem.

Yuk cek produk double tape di MORITA, dan tape-tape lainnya…

Ternyata Lakban Bening dan Coklat Banyak Tipenya Loh!

Hi Sobat MORITA…

Tahukah kamu bahwa lakban bening dan coklat yang biasa kita gunakan ini memiliki banyak tipe dari tipe adhesivenya dan ketebalan lakbannya loh. Nah contohnya ini nih, ada BOPP tape Morita. BOPP tape Morita terbuat dari biaxially oriented polypropylene (BOPP) film dan perekat akrilik untuk membentuk produk yang sangat stabil dan dapat dengan mudah digunakan untuk mengemas apa pun. Tape ini memiliki daya rekat yang kuat dan cepat, serta dapat diaplikasikan secara manual dengan menggunakan tangan. BOPP tape Morita tersedia dalam berbagai jenis warna, ada yang warna standar atau bening, warna kuning, merah, hijau, coklat, dan biru. BOPP tape Morita transparan dapat digunakan untuk pengemasan produk dimana produk tersebut harus tetap terlihat, sedangkan BOPP tape Morita berwarna dapat digunakan untuk alat identifikasi produk dan organisasi tertentu. BOPP tape memiliki keunggulan yaitu transparan,  tidak beracun, tidak berbau, dan aman digunakan. Dalam penggunaannya, sangat sederhana dan nyaman, serta memiliki kinerja yang baik. Selain itu, ada ketahanan sobek yang baik dan umur yang panjang.

Ayo sesuaikan kebutuhanmu dengan produk kami, jangan ragu untuk menghubungi kami ya sobat morita!!!

Pernah dengar istilah kraft tape?

Halo Sobat MORITA…pernah ngga sih denger istilah kraft tape? Hmmm..mungkin masih asing ya ditelinga kita. Kraft tape adalah lakban atau isolasi berbahan dasar kertas yang digunakan untuk keperluan packaging. Warnanya coklat seperti kardus.

Selotip kertas pertama kali dibuat oleh seorang karyawan perusahaan 3M,Richard Drew pada tahun 1925. Awalnya,ia melihat bahwa para pekerja cat mobil sedikit mengalami kesulitan untuk membersihkan sisa lem dari lakban pada permukaan mobil yang digunakan sebagai alat bantu untuk pekerjaan mengecat. Hal ini dikarenakan tingkat kerekatan yang tinggi dari lakban sehingga meninggalkan bekas sisa lem di permukaan mobil setelah lakban dikelupas. Persoalan ini tentunya akan menyebabkan adanya biaya tambahan bagi perusahaan untuk membersihkan sisa lem tersebut. Hingga pada akhirnya,Richard membuat sebuah inovasi baru lakban yang memiliki tingkat kerekatan lem yang lebih rendah dan dibuatlah lakban kertas yang kita ketahui dan gunakan sampai sekarang sebagai masking tape. Lakban kertas atau masking tape umumnya digunakan untuk keperluan mewarna atau mengecat. Seiring berkembangnya zaman,muncullah berbagai inovasi baru dari selotip kertas salah satunya seperti kraft tape dengan fungsi dan tujuan berbeda. Fungsi kraft sebagian besar untuk packing kardus, karna berbahan baku kertas jadi sampahnya akan lebih mudah ditangani.  Yuk cek produk kraft tape Morita, jangan ragu kontak kami ya..